JuragantomatX.Com

SMS Gratis Semua Operator Indonesia Dihapus Pemerintah

Posted by Anonim 0 komentar
Pihak Kementerian Kominfo dan BRTI akan mengubah skema interkoneksi SMS yang sebelumnya Sender Keep All (SKA) menjadi berbasis biaya (cost-based). Langkah ini dilakukan untuk meminimalisir spaming akibat SMS gratis yang ditawarkan operator.



Skema SMS berbasis biaya adalah skema yang mengharus semua pengguna layanan SMS selalu membayar saat mengirim pesan atau SMS. Jadi tidak akan ada layanan SMS gratis dari operator. Skema berbasis biaya ini akan mulai berlaku pada 31 Mei 2012 pukul 23:59:59 WIB.

Pasalnya belakangan ini masyarakat sering diresahkan dengan adanya SMS spaming yang bersifat menipu. Misalnya saja toko online yang menawarkan barang dagangannya melalui SMS. Tentunya ini sangat mengganggu mereka yang tidak ingin mendapat SMS ini.



Dengan diberlakukannya skema bebasis biaya, pemerintah berharap proses mengirim dan membalas SMS akan berimbang. Pada perkembangannya, penyelenggara SMS malah membanjiri dengan pengiriman SMS sehingga trafik tidak seimbang. Dan kebanyakan menyebabkan spam di kotak inbox ponsel Anda.

Pemerintah dengan penyelenggara layanan telekomunikasi (operator) sudah membicarakan rencana penggantian skema ini pada Sabtu (26/5/2012) lalu. Pemerintah yang diwakili Kementerian Kominfo dan BRTI telah meminta pihak telekomunikasi untuk segera melaksanakan putusan tersebut.

Para pihak penyedia telekomunikasi (Telkomsel, Indosat, XL, Axis, Three dan Esia) akhirnya sepakat dengan pemerintah. Semuanya mengaku siap untuk melaksanakan skema SMS berbasis biaya ini. Jadi, semua operator akan meniadakan layanan SMS gratis mulai 31 Mei 2012 mendatang.

Meski tidak ada layanan SMS gratis, Kementerian Kominfo dan BRTI yakin masyarakat masih bisa menikmati layanan SMS murah. Pasalnya semua operator akan langsung menerapkan tarif baru yang murah untuk bersaing dengan operator lainnya.

Pemerintah juga menghimbau penyedia telekomunikasi untuk mempublikasikan putusan ini kepada para pelanggannya. Jadi, buat Anda yang sering menggunakan SMS gratis siap-siap saja untuk menerima kenyataan bahwa tidak akan ada lagi layanan SMS gratis mulai awal Juni nanti.

Pemberlakuan skema ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kominfo No. 08/PER/M.KOMINFO/02/2006 tentang Interkoneksi. 
Kontak Jodoh
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: SMS Gratis Semua Operator Indonesia Dihapus Pemerintah
Ditulis oleh Anonim
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://sampot.blogspot.com/2012/05/sms-gratis-semua-operator-indonesia.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Kesehatan | Hot Shot | Info | Kecantikan Copyright of Sampot News